Just another WordPress.com site

>

Kita pasti sangat kesal ketika ada blogger lain yang seenak tangannya memposting ulang artikel original yang kita tulis, di blognya. Apalagi tanpa ada link back ataupun paling tidak permohonan izin. Tetapi memang bukan pencuri yang harus kita salahkan, tetapi kita sebagai tuan rumah yang lupa atau sengaja tidak menutup pintu, alias membiarkan pencuri masuk. Kecuali jika kita sudah berusaha tetapi tetap kecolongan berarti memang dasar mental pencuri. Terus gimana dengan yang tidak berusaha menutup pintu?Kalo yang ini memang yang punya blog yang pasrah duluan. Kalo udah kecolongan, baru teriak teriak di forum, kenceng, nylekit, lagi….?#?*#$%@?

Nah, untuk meminimalisasi kemungkinan ‘pencurian’ artikel ini terjadi, kita dapat menonaktifkan fungsi klik kanan dan select/blok tulisan pada blog kita . Ya, memang trik ini dapat diakali dengan beberapa cara, namun paling tidak kita bisa mengurangi risiko peng-copas’an postingan kita.
Ada banyak cara menonaktifkan klik kanan dan select tulisan pada blog, tapi pada kesempatan ini kita bahas cara yang paling mudah dan simple, yaitu dengan cara penambahan sedikit kode HTML pada template blog kita. Langsung saja, berikut ini caranya:
1. Masuk ke Blogger
2. Masuk ke Layout /Rancangan
3. Pilih tab Edit HTML
4. Cari kode <body>
5. Hapus kode tersebut dan ganti dengan kode <body oncontextmenu=”return false;” onkeydown=”return false;” onmousedown=”return false;”> (hapus agar gampang mengembalikan seperti semula)
6. Lihat pratinjau (jika blog bisa dibuka berarti terpasang dengan baik)
7. Simpan Template
8. Selesai
Keterangan :
* oncontextmenu=’return false;’ (untuk men-disable klik kanan pada blog kita)
* onmousedown=’return false;’ ( untuk men-disable sort/select/blok tulisan pada blog kita)
* onkeydown=’return false;’ (untuk men-disable fungsi beberapa shortcut key browser (Ctrl+A, Ctrl+C, dll)
Cara ini sudah diuji coba didapur team admin dan terbukti berhasil, meskipun untuk menjebolnya juga sangat mudah, paling tidak merepotkan”

Iklan

Comments on: ">Menghindari Copy Paste Dengan Mematikan Mouse | Mendisable Fungsi Klik Kanan" (2)

  1. >mantap sekali infonya…..hehehehe

  2. >Ijin mencoba gan mudah-mudahan berguna….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: