Just another WordPress.com site

>

Dalam lima tahun, kasus kriminal karena Facebook di Inggris mencapai lebih dari 100 ribu. Sejak Januari, kepolisian di 16 sektor menerima 7.545 keluhan akibat Facebook. Keluhan via telepon juga memberitahu kepolisian soal dugaan tindakan terorisme, kematian tiba-tiba, hewan peliharaan yang hilang dan pelanggaran penggunaan senjata api.

Penipuan, pelanggaran seksual dan kejahatan akibat kebencian juga dilaporkan ke polisi. Jumlah tersebut sama besarnya dengan kasus terkait keberadaan Facebook.
Tahun 2005, polisi hanya memperoleh 1.415 panggilan keluhan terkait Facebook. Masa itu merupakan pertama kali jejaring sosial tersebut memperoleh popularitas. Facebook biasa digunakan pelaku kriminal untuk menyerang, mengintimidasi, menggertak dan melecehkan.
Bahkan dalam laporan sebelumnya, tim kepolisian menyebutkan juga terjadi peningkatan tajam kasus kejahatan Facebook sejak April 2009 hingga Februari tahun ini.
Dalam rekaman data mereka, ada sekira 13 laporan kasus kejahatan Facebook antara April 2008 hingga Maret 2009. Pada 11 bulan berikutnya, jumlah ini melonjak menjadi 58 kasus.
Angka ini turut pula melipatgandakan jumlah pelaku yang dihukum akibat perbuatan kriminal melalui Facebook menjadi enam orang, dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya tiga orang.
Diberitakan Telegraph, tindak cyber bullying merupakan kejahatan lewat Facebook yang paling sering dilaporkan di tahun lalu.
“Untuk kejahatan yang melibatkan komunikasi, Facebook hanyalah sebuah cara komunikasi,” kata DS Parsonage yang mengatur unit kejahatan digital di kepolisian Nottingham.
Beberapa LSM mengklaim bahwa Facebook digunakan pelaku untuk mendapatkan identitas anak-anak dan wanita. Juru bicara LSM anak di Inggris, Kidscape, mengatakan bahwa gambaran ini merupakan peringatan berbahaya, namun ini sejalan dengan perkembangan Facebook .
Namun, perlu diingat bahwa akun pengguna di situs manapun memiliki kemungkinan terkena penipuan.
Facebook yang diluncurkan Februari 2004 lalu, pada Juli tahun ini menyebutkan mereka telah meraih 500 juta pengguna aktif.
“Meskipun ada kaitan antara perkembangan Facebook dan jumlah keluhan, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan Facebook merupakan penyebab dari tindakan kriminalitas manapun,” kata juru bicara Facebook. (ar/inl/ok)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: